Selasa, 17 Maret 2015

RPP BASKET TIPE TPS KURIKULUM 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                                   : SMA/SMK
Mata Pelajaran                      : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester                      : X/Ganjil
Materi Pokok                         : Dribling Bola Basket  
Alokasi Waktu                       : 3 x 45 Menit

A. Kompetensi Inti
KI 1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2
:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai) santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
:
Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4
:
Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

B.  Kompetensi Dasar dan Indikator
KI
Kompetensi Dasar
Indikator
1.  
1.1    Menghargai  tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah tuhan yang tidak ternilai

1.2    Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang pencipta
1.1.1   Mengunakan tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai dengan bermain permainan basket.
1.2.1   Memelihara dan membina tubuh sebagai wujud syukur kepada pencipta dengan bermain basket.
2.  
2.1  Berperilaku sportif dalam bermain.

2.2  Bertanggung jawab terhadap keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
2.3  Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4  Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.5  Toleransi dan mau berbagi dengan teman dalam penggunaan peralatan dan kesempatan.
2.6  Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.

2.7  Belajar menerima kekalahan dan kemenangan dari suatu permainan.

2.1.1   Saat bermain menunjukkan sportif dalam  permainan basket
2.2.1    Menunjukankan prilaku tangung jawab terhadap tugas yang diberikan dalam permainan basket


2.3.1   Menunjukan prilaku santun selama bermain permainan basket

2.4.1   Menunjukan prilaku kerjasama selama melakukan aktifitas bermain permainan basket
2.5.2 Menunjukan prilaku toleransi selama bermain permainan basket

2.6.1   Menunjukan perilaku disiplin selama melakukan aktivitas bermain permainan basket
2.7.1   Menerima kekalahan dengan periksa diri dan menunjukan kemenangan dengan sewajarnya.
3.  
3.1 Menganalisis dan  mengkategorikan
      keterampilan gerak permainan basket
3.1.1   Menganalisis kategori keterampilan gerak permainan basket.
4.  
4.1  Mempraktikkan perbaikan kerampilan salah satu permainan bola besar sesuai hasil analisis dan katagorisasi
4.1.1   Mempraktikkan perbaikan kesalahan gerak dalam permainan basket


C.   Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mencari informasi, menanya, dan berdiskusi peserta didik dapat:
KI 1 Mengetahui arti penting menggunakan dan merawat tubuh sebagai wujud syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
KI 2 Menunjukan perilaku tangung jawab terhadap pemeliharaan sarana dan prasarana pembelajaran teknik menggiring permainan basket                                                                                                             
KI 2 Menunjukkan prilaku santun dan toleransi saat dalam pembalajaran teknik menggiring permainan basket
KI 3 Menganalisis keterampilan teknik Menggiring  permainan basket
KI 4 Memperaktikan keterampilan teknik menggiring permainan basket.
D.   Materi Pembelajaran .
            Teknik dasar menggiring basket sebagai berikut:
a)      Sikap awal.
a) Diawali dengan persiapan berdiri dengan sikap melangkah.
b) Badan agak condong ke depan.
c) Berat badan tertumpu pada kaki depan.
 









Gambar 01  Sikap awal teknik dasar menggiring basket.

b)      Sikap Pelaksanaan
a) Dengan gerakan mendorong bola menggunakan telapak tangan ke lantai dengan sumber gerakan dari sikut dibantu pergelangan tangan diaktifkan.
b) Ketinggian bola memantul adalah sebatas atau di bawah pinggang.
c) Pandangan mata ketika menggiring bola tertuju bebas ke arah depan.







Gambar 02 Sikap pelaksanaan teknik dasar menggiring basket
.







c)      Sikap akhir/lanjutan
a.       Pandangan ke arah depan.
b.      Kedua tangan rileks.
c.       Badan ditegakkan kembali.
Gambar 03 Sikap akhir teknik dasar menggiring basket











E.   Model/ Metode Pembelajaran
1.    Pendekatan Saintifik
1.      Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pairs Share (TPS)

F.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran    
      Fase/Sintak
Langkah-langkah pembelajaran
Waktu
Persiapan
Persiapan Guru sebelum melakukan pembelajaran penjasorkes, yaitu:
1.      Menyiapkan perangkat pembelajaran (Silabus, RPP, lembar presensi, lembar pengamatan, dan instrumen penilaian)
2.      Menyiapkan peralatan (bola Basket, stopwatch, peluit, meja, kursi)

Pembelajaran Pendahuluan







Menyampaikan tujuan pembelajaran dan Memotivasi peserta didik









3.      Orientasi, yaitu:
a)      Menyiapkan peserta didik  dalam barisan dua bersyaf (semua peserta didik dapat melihat guru).
b)   Memimpin doa untuk keselamatan dalam pembelajaran dan bermanfaat.
c)   Mengecek kehadiran semua peserta didik dan menanyakan kesehatan mereka secara umum.
d)   Menyampaikan dan menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
e)   Memotivasi peserta didik dengan menjelaskan manfaat olahraga permainan basket mampu mengamalkan ajaran agama, memiliki sikap yang baik serta memiliki pengetahuan dan keterampilan.
f)   Melakukan pemanasan dalam bentuk bermain aksi reaksi, penguluran, pelemasan, penguatan diutamakan untuk otot-otot yang akan banyak digunakan untuk melakukan aktivitas gerak permainan basket.
4.      Apersepsi: guru menghubungkan materi pembelajaran dengan pengetahuan awal peserta didik.
15 Menit
Pembelajaran Inti
Menyajikan Informasi dan Mendemonstrasikan Ketrampilan (Kooperatif  TPS)

Mengamati (Saintifik)


Menanya (Saintifik)
Mengajukan pertanyaan dan isu (Kooperatif TPS)
5.      Guru menyajikan informasi tentang materi teknik dasar menggiring basket kemudian mendemonstrasikan keterampilan yang benar mulai dari sikap awal, sikap pelaksanaan, dan sikap akhir.

6.      Peserta didik mengamati demontrasi yang diberikan oleh guru.


7.      Guru memberikan pertanyaan mengenai teknik dasar menggiring basket, yaitu:
a)      Apakah di antara kalian ada yang mengetahui pengertian menggiring dalam permainan bola basket?
b)      Berapa macam menggiring yang kalian ketahui?
c)      Pernahkah kalian melakukan gerakan menggiring basket?
30
Menit
Pembentukan Pasangan dan belajar kelompok








Mengumpulkan informasi (Saintifik)







Mengasosiasi (Saintifik)
8.     Guru meminta siswa secara berpasangan untuk  berdiskusi tentang pertanyaan atau isu yang diajukan guru. Hasil diskusi tiap pasangan dibuatkan dokumentasinya
9.     Guru membimbing kelompok pesera didik untuk belajar dan bekerja secara berkelompok
10. Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mempraktikan teknik dasar menggiring basket dalam kelompoknya dan saling mengoreksi gerakan yang dilakukan.
11. Tiap-tiap kelompok  ditugaskan untuk saling berdiskusi, tujuannya untuk menggali pengetahuan peserta didik, melatih peserta didik untuk berpikir kritis, dan memancing respons peserta didik terhadap materi yang dibahas, dan kerjasama dalam kelompok. Kemudian peserta didik menyatukan pendapat dalam kelompoknya dan meyakinkan setiap anggota kelompok memahami pendapat tersebut.
12. Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mecoba dan mencari informasi tentang  permainan basket.
45 Menit
Sharing Antar Kelompok Pasangan








Evaluasi (Kooperatif TPS) dan
Mengkomunikasikan (Saintifik)
13.  Guru memanggil kelompok/ Pasangan tertentu, kemudian kelompok tersebut menjelaskan teknik menggiring basket yang telah diajarkan dan didiskusikan, sementara kelompok lainnya memperhatikkan kelompok yang tampil, begitu seterusnya sampai semua kelompok mendapat giliran tampil sehingga mereka aktif dalam proses pembelajaran dan mengerti tentang gerakan teknik dasar menggiring basket dari sikap awal, pelaksanaan, dan akhir gerakan dengan benar.
14.  Guru memonitor dan mengevaluasi tugas gerak yang dilakukan oleh peserta didik yang diberikan kepada kelompoknya, dengan mempraktekkan teknik dasar menggiring basket dari sikap awal, sikap pelaksanaan, dan sikap akhir.
15.  Guru memberikan feedback, yang berupa kebenaran gerakan teknik dasar menggiring basket serta kesesuaiannya dengan tujuan pembelajaran.
30 Menit
Pembelajaran Penutup





Pemberian Penghargaan (Kooperatif TPS)
16.  Pendinginan: guru memberikan streaching dan warming down.
17.  Evaluasi umum terhadap proses dan hasil belajar peserta didik (pengetahuan sikap dan pengetahuan keterampilan)
18.  Memberikan penghargaan (apresiasi) terhadap hasil kerja peserta didik baik kelompok atau individu.
19.  Tindak lanjut: pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari dan kegiatan pembelajaran berikutnya.
20.  Doa Penutup, guru menugaskan salah satu peserta didik untuk memimpin berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing dan setelah itu peserta didik dibubarkan.
15 Menit
Jumlah
135 Menit

G.   Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.    Media
       Gambar teknik menggiring bola Dalam permainan bola Basket.
2.    Alat dan bahan
a. Ruang terbuka yang datar dan aman/lapangan basket.
b. Bola Basket, pluit.

3.        Sumber Pembelajaran
a)                            Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Buku Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan SMA/MA,SMK/MAK Kelas X. Cetakan Ke-1. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

b)                            Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Buku Peserta didik Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan SMA/MA, SMK/MAK Kelas XI. Cetakan Ke-1. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (hal. 33).






H. Penilaian
Lampiran Penilaian
  1. Penilaian  Sikap (Sikap Spiritual dan Sosial)
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL
(LEMBAR OBSERVASI)
A.  Petunjuk Umum
1.      Instrumen penilaian sikap spiritual ini berupa Lembar Observasi.
2.      Instrumen ini diisi oleh guru yang mengajar peserta didik yang dinilai.

B.  Petunjuk Pengisian
Berdasarkan pengamatan Anda selama dua minggu terakhir, nilailah sikap setiap peserta didik Anda dengan memberi skor 4, 3, 2, atau 1 pada Lembar Observasi dengan ketentuan sebagai berikut:
4 = apabila SELALU melakukan perilaku yang diamati
3 = apabila SERING melakukan perilaku yang diamati
2 = apabila KADANG-KADANG melakukan perilaku yang diamati
1 = apabila TIDAK PERNAH melakukan perilaku yang diamati

C.  Lembar Observasi
LEMBAR OBSERVASI

Kelas                           : X
Semester                     : Ganjil
Tahun Pelajaran          : 2014/2015
Periode Pengamatan   :
Butir Nilai                   : Selalu berusaha secara maksimal dan tawakal dengan hasil akhir.
Indikator Sikap         : 1.Memelihara kesehatan tubuh
                                           2.Menjaga kesehatan tubuh dengan menerapkan gaya hidup aktif  

No.
Nama Peserta didik
Skor indikator sikap Spiritual (1-4)
Jumlah perolehan skor
Nilai akhir
Tuntas/ tidak tuntas
Indikator 1
Indikator 2
1






2






dst








INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL
(LEMBAR OBSERVASI)
A.  Petunjuk Umum
1.      Instrumen penilaian sikap sosial ini berupa Lembar Observasi.
2.      Instrumen ini diisi oleh guru yang mengajar peserta didik yang dinilai.

B.  Petunjuk Pengisian
Berdasarkan pengamatan Anda selama dua minggu terakhir, nilailah sikap setiap peserta didik Anda dengan memberi skor 4, 3, 2, atau 1 pada Lembar Observasi dengan ketentuan sebagai berikut:
4 = apabila SELALU melakukan perilaku yang diamati
3 = apabila SERING melakukan perilaku yang diamati
2 =apabila KADANG-KADANG melakukan perilaku yang diamati
1= apabila TIDAK PERNAH melakukan perilaku yang diamati

C.  Lembar Observasi
LEMBAR OBSERVASI
Kelas                                  :    XI
Semester                            :    Ganjil
Tahun Pelajaran                 :    2014/2015
Periode Pengamatan          :
Butir Nilai                          :    Berlaku Sportif, Bertanggung jawab dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran serta menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar.
Indikator Sikap                  :   
        1.     Tanggung jawab
        2.     Berperilaku sportif.
        3.     Merapikan kembali peralatan yang telah digunakan pada tempatnya.
        4.     Tidak melakukan gerakan yang dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain.
        5.     Dalam melakukan aktivitas fisik yang dilakukan secara berkelompok, beregu dan berpasangan memperhatikan kondisi teman, baik fisik maupun pisikis.
        6.     Saling membantu teman bila ada kesulitan dalam melakukan gerakan.
        7.     Mengikuti peraturan petunjuk dan arahan yang diberikan oleh guru.
        8.     Dalam melakukan aktivitas menunjukan prilaku bahwa lawan adalah teman bermainnya.

No
Nama Peserta didik

Skor indikator sikap tanggung jawab (1-4)
Jumlah perolehan skor
Nilai akhir
Tuntas/tdk Tuntas
In 1
In 2
In 3
In 4
In 5
In 6
In 7
In 8
1.












2.












dst














  1. Penilaian  Pengetahuan

INSTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN
(DAFTAR PERTANYAAN)

A.  Petunjuk Umum
1.      Instrumen penilaian pengetahuan berupa daftar pertanyaan.
2.      Instrumen ini diisi oleh peserta didik.

B.  Petunjuk Pengisian
Kerjakan soal berikut dengan benar!
C.  Soal

No.
Butir Pertanyaan
1.
Jelaskan sikap awalan teknik  menggiring basket!
2
Jelaskan pelaksanaan teknik  menggiring basket!
3
Jelaskan sikap akhir teknik  menggiring basket!

PETUNJUK PENENTUAN SKOR KOMPETENSI PENGETAHUAN
A. Kunci Jawaban
No
Butir Pertanyaan
Kunci Jawaban
1.
Jelaskan Sikap awal
 teknik menggiring basket!
Sikap awal Teknik menggiring bola basket adalah:
a) Diawali dengan persiapan berdiri dengan sikap melangkah.
b) Badan agak condong ke depan.
c) Berat badan tertumpu pada kaki depan.
2
Jelaskan pelaksanaan
 teknik menggiring basket!
Pelaksanaan Teknik menggiring bola basket adalah:
a) Dengan gerakan mendorong bola menggunakan telapak tangan ke lantai dengan sumber gerakan dari sikut dibantu pergelangan tangan diaktifkan.
b) Ketinggian bola memantul adalah sebatas atau di bawah pinggang.
c) Pandangan mata ketika menggiring bola tertuju bebas ke arah depan.
3
Jelaskan Sikap akhir
 teknik menggiring basket!
Sikap akhir Teknik menggiring bola basket adalah:
a)     Pandangan ke arah depan.
b)      Kedua tangan rileks.
c)      Badan ditegakkan kembali



Penilaian Pengetahuan
1.      Butir soal no 1 -3  memiliki nilai 1 dalam setiap deskriptor yang terjawab
2.      Skor total apabila semua jawaban benar adalah 9
3.      Nilai Peserta didik menggunakan rumus:

No
Nama
Soal 1
Soal  2
Soal 3
Skor
Nilai
1






2






dst







     

  1. Penilaian Praktik
INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN
(LEMBAR OBSERVASI PRAKTIK)

A.  Petunjuk Umum

1.      Instrumen penilaian keterampilan ini berupa Lembar Observasi.
2.      Instrumen ini diisi oleh guru yang mengajar, peserta didik yang dinilai.

B.  Lembar Observasi
LEMBAR OBSERVASI PRAKTIK
Kelas                                  :    x
Semester                            :    Ganjil
Tahun Pelajaran                 :    2014/2015
Periode Pengamatan          :   
Aspek yang diamat            :    Menganalisis keterampilan gerak permainan bola besar.
Indikator keterampilan:
1.      Melakukan keterampilan gerak permainan basket.
Berikan  tanda cek (√) pada kolom perolehan skor yang sudah disediakan, dengan rentang skor antara 1 sampai dengan 4. ( Sangat baik = 4, Baik = 3, Cukup = 2, Kurang = 1). Tanda cek (√) tersebut menunjukan kompetensi yang diharapkan.

No
Nama
Sikap awal
Pelaksanaan
Sikap akhir
Skor
Nilai
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4




































C.    Kriteria Pengamatan
Aspek
Indikator
Deskriptor
Rubrik
Teknik menggiring  bola basket
Menggiring bola basket
1. Sikap awal Teknik menggiring bola basket adalah:
a) Diawali dengan persiapan berdiri dengan sikap melangkah.
b) Badan agak condong ke depan.
c) Berat badan tertumpu pada kaki depan.

2. Pelaksanaan
a) Dengan gerakan mendorong bola menggunakan telapak tangan ke lantai dengan sumber gerakan dari sikut dibantu pergelangan tangan diaktifkan.
b) Ketinggian bola memantul adalah sebatas atau di bawah pinggang.
c) Pandangan mata ketika menggiring bola tertuju bebas ke arah depan.
3. Sikap akhir
a.       Pandangan ke arah depan.
b.      Kedua tangan rileks.
c.       Badan ditegakkan kembali.
Skor 3 jika memenuhi kriteria a,b.c.






1.                   
Skor 3 jika memenuhi kriteria a,b.c.





Skor 3
jika memenuhi kriteria a,b,c.

  
Tabel  Konversi Nilai Mata Pelajaran Penjasorkes berdasarkan Permendikbud No. 104 Tahun 2014.
Sikap
Pengetahuan
Keterampilan
ket
Modus
Predikat
Skor Rerata
Huruf
Capaian
optimum
Huruf
4,00
Sangat Baik (SB)
3,85 - 4,00
A
3,85 - 4,00
A
TUNTAS
(T)
3,51 – 3,84
A-
3,51 – 3,84
A-
3,00
Baik (B)
3,18 - 3,50
B+
3,18 - 3,50
B+
2,85 – 3,17
B
2,85 – 3,17
B
2,51 – 2,84
B-
2,51 – 2,84
B-
2,00
Cukup (C)
2,18 – 2,50
C+
2,18 – 2,50
C+

TIDAK TUNTAS
(TT)



1,85 – 2,17
C
1,85 – 2,17
C
1,51 – 2,84
C-
1,51 – 2,84
C-
1,00
Kurang (K)
1,18 – 1,50
D+
1,18 – 1,50
D+
1,00 – 1,17
D
1,00 – 1,17
D


Singaraja, 11 Maret 2015
Guru Penjasorkes



Gede Hari Wijaya, S.Pd
NIP. -



 

1 komentar:

  1. BONUS DEPOSIT APLIKASI OVO BVGAMING
    - Promo ini berlaku untuk semua member BVGAMING yang deposit menggunakan aplikasi OVO
    - Promo ini dapat di klaim 1 hari sekali saja berlaku untuk semua permainan kecuali TOGEL & POKER
    - Tidak boleh terdapat kesamaan IP Address (tidak boleh menggunkana VPN atau Proxy dan IP Address harus Indonesia), nama rekening dan nomor rekening, serta data yang dianggap sama.
    - Jika pengiriman deposit tidak sesuai dengan kriteria yang ditentukan, maka bonus tidak dapat di klaim.
    - Semua keputusan dan kebijakan BVGAMING adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

    Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami via livechat ataupun :
    ✔ WA / TELEGRAM : +6281297392623
    #bolavita #promobolavita #judionlinebolavita #bonusbolavita #slotbolavita #judibolavita #bolavitadepobsi #depositbsi

    BalasHapus

Materi Lompat Kangkang Kelas XI

  Lompat Kangkang : Pengertian, Teknik Dasar dan Manfaat (Lengkap) Post author Po 7, 2020 Post ca Lompat kangkang merupakan suatu gerakan ke...